Home | Article

Bisnis Sukses Tidak Hanya Sebuah Impian

by Diana on 2017-02-10 10:23:55

Siapa sangka kemajuan teknologi internet telah merubah secara drastis “pola pikir, pola hidup” peradaban manusia? Untuk berkomunikasi, mencari data dan informasi, bahkan berbelanja, kita tidak perlu lagi keluar dari ruangan. Sesuatu yang tidak terpikirkan bisa terjadi. Contohnya saja saat ini,  dunia internet sedang ramai dengan Mall Online. Situs yang berisi banyak toko dengan beraneka barang dan jasa.

Salah satu contoh mall online adalah Tokopedia. Dibalik keramain pedagang dan pembeli di situs ini ada sebuah nama yang dengan gigih berjuang untuk mendirikannya, William Tanuwijaya.

Untuk memenuhi kebutuhan hidupnya disaat kuliah, seorang William Tanuwijaya harus bekerja di warnet. Ia menghabiskan waktu selama 12 jam untuk bermain game dan membaca berita.  William terinspirasi oleh perusahaan teknologi seperti Google dan Facebook yang memberi pengaruh kepada netizen. Ia juga melakukan penelitian mengenai bisnis e-commerce seperti iklan baris, ritel, dan marketplace di Amerika.

Di tahun 2007 , menyadari belum ada bisnis marketplace di Indonesia, William Tanuwijaya mulai merintis Tokopedia. Tujuan ia mendirikan Tokopedia adalah untuk menjadi solusi bagi bisnis kecil masyarakat yang sulit mencari lahan. Tokopedia resmi berdiri pada tahun 2009. Setiap tahun semenjak 2010 Tokopedia selalu mendapat investasi dari East Ventures (2010), Cyberagent Ventures (2011), Beenos (2012), dan Softbank (2013). Hingga saat ini paling tidak Tokopedia memiliki modal sebesar 1.2 triliun. Selain itu Tokopedia juga memiliki  3,3 juta produk aktif dan tidak menarik biaya apapun dari penjualnya.

Jika banyak orang berpikir memiliki bisnis yang sukses hanya sekedar mimpi, bagaimana membuatnya menjadi nyata sebagai suatu hal yang niscaya?  Tapi tidak bagi pemuda William Tanuwijaya,  Ada beberapa hal yang perlu dilakukan dalam memulai sebuah bisnis :

Melakukan apa yang dicintai

Mulailah menjalankan bisnis yang sesuai atau sejalan dengan passion Anda. Ini sangat penting. Jika Anda mencintai bisnis Anda, sudah pasti Anda akan sukarela mencurahkan waktu dan tenaga Anda untuk memulai dan membangun bisnis tersebut. Jauh dari rasa lelah dan jenuh. Dipastikan Anda akan menikmati proses jatuh bangunnya, sampai perusahaan Anda sukses.

Mencari rekan yang tepat.

Saat memulai bisnis  maupunsaat menjalankan bisnis, Anda memerlukan sebuah sistem pendukung. Sistim Pendukung ini bisa dari keluarga atau teman yang tertarik membangun bisnis ini bersama Anda. Lebih baik jika Anda mencari seorang mentor. Ketika memulai sebuah bisnis, bimbingan adalah pendukung terbaik.

Menemukan klien atau pelanggan pertama

Jangan menunggu mencari pelanggan atau klien sampai bisnis tersebut diresmikan. Sebuah bisnis tidak akan bertahan tanpa adanya klien. Mungkin diawal Anda bias uji pasar dengan menjual produk atau jasa bisnis Anda kepada teman, keluarga, atau yang lainnya.

Membuat perencanaan bisnis.

Alasan utama kenapa seorang pendiri perlu membuat dan menulis rencana bisnis adalah agar waktu dan uang dapat dipergunakan dengan efektif dan efisien. Anda tidak harus menulis semua rencana bisnis dari setiap ide, tapi ujilah  potensi ide bisnis mana yang akan berkembang lebih cepat.

Melakukan penelitian

Ketika seseorang memulai bisnis, diperlukan penelitian seperti yang dilakukan William Tanuwijaya. Seseorang yang akan mendirikan sebuah bisnis perlu menjadi ahli dalam bidang industri, produk, atau jasa yang berhubungan dengan bisnis yang akan digeluti. Lebih baik lagi jika Anda bergabung dengan industri atau asosiasi terkait.

Mendapatkan modal

Lakukanlah pendekatan dengan calon investor atau pemberi pinjaman. Tidak perlu berpikir untuk memulai sebuah bisnis dengan meminjam uang ke bank untuk mendapatkan modal.

Menjadi professional

Anda harus selalu terlihat sebagai seorang profesional yang menjalankan bisnis dengan serius. Siapkan semua perlengkapannya seperti kartu nama, nomor telepon, dan email bisnis. Jangan lupa untuk memperlakukan orang lain secara profesional.

Mengetahui hukum dan pajak yang berlaku.

Bagaimanapun bentuk bisnis yang dijalankan akan mempengaruhi pajak pendapatan. Seorang pengusaha harus bertanggung jawab atas hukum, pajak dan segala bentuk perizinan yang berhubungan dengan kegiatan bisnisnya.

Dengan beberapa tips tersebut memiliki bisnis yang sukses tidak hanya akan menjadi impian.  Selamat menjalani bisnis baru Anda.

 

 

Tags: Bisnis , enterpreneur , startup

RELATED ARTICLE